Press "Enter" to skip to content

LEARNING FROM “SOMETHING THE LORD MADE” MOVIES

avidwijaya 0

1. Tokoh-tokoh, dan Leader dari film Something the Lord Made

Something the Lord Made  adalah sebuah film biografi buatan tahun 2006 yang menceritakan kisah hidup Vivien Thomas dan Dr. Alfred Blalock untuk keberhasilan melakukan operasi terhadap bayi biru. Adapun tokoh-tokoh dari film tersebut diantaranya adalah:

  1. Alfred Blalock
  2. Vivien Thomas
  3. Mary Blalock
  4. Clara Thomas
  5. Saxon
  6. Harold Thomas
  7. William Thomas
  8. Helen B. Taussig

Kemudian dari tokoh-tokoh tersebut yang bisa dikatakan sebagai tokoh leader adalah Dr. Alfred Blalock dan Vivien Thomas. Dr. Alfred Blalock mempunyai visi yang tegas dan cepat dalam mengambil keputusan ia yang mengajar vivien di lab dalam melakukan penelitian. Sedangakan Thomas mampu beradaptasi dengan pekerjaanya dan selalu giat dalam melakukan pekerjaan.

Falasafah leadership yang dapat diambil adalah kepemimpinan merupakan kemampuan untuk suatu kolaborasi dari berbagai pihak untuk mencapai tujuan bersama..

 

2. Tokoh bisa Berkembang, cara menshare visi dan teamwork

Thomas Vivien berkeinginan untuk melanjutkan kuliah kedokteran namun ia mengalami musibah. Bank tempat dia menabung mengalami bangkrut. Di tidak bisa mengambil uangnya lagi yang dikumpulkan selama 7 tahun. Dia gagal untuk melanjutkan kuliah kedokteran. Thomas Vivien tak patah semangat. Dia tetap bekerja pada dr. Blalock sebagai asisten lab. Karena memang ia sangat suka mengenai kedokteran maka ia tetap belajar melalui penelitian yang dilakukan bersama dr. Blalock.

 

Dr. Blalock mempunyai visi untuk mengatasi masalah kasus bedah yang dihadapinya. Ia terus belajar berkolaborasi bersama asisten labnya Thomas Vivien. Keputusan dr. Blalock sangat tepat untuk menjadikan Thomas Vivien sebagai asisten labnya. Thomas vivien mempunyai keterampilan dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan pembedahan dan dia sangat cerdas untuk mengetahui hal baru. Selain Thomas Vivien, Dr. Blalock juga memiliki sifat ulet dan pantang menyerah sehingga mereka tetap konsisten dalam melakukan penelitian di lab yang telah disediakan.

Dalam puncak cerita dr. Blalock berani mengambil keputusan untuk melakukan operasi pembedahan yang dilakukan kepada bayi yang menderita blue baby. Berani mengambil keputusan tersebut setelah ada peluang keberhasilan dalam proses penelitiannya yang dilakukannya dengan Thomas Vivien. Untuk mewujudkan visi menyembuhkan penyakit blue baby tersebut dilakukan kerjasama team yang bagus. Dalam melakukan operasi dr. Blalock tak lupa mengajak Thomas Vivien untuk menjadi bagian team dari operasi tersebut setelah sebelumnya sampat lupa. Dan dengan kerjasam team yang solid maka operasi terhadap bayi yang menderita blue baby tersebut akhirnya bisa berhasil.

 

3.  Contoh dari 5 disiplin dalam Film Something the Lord Made

  • Personal Mastery / Penguasaan Pribadi

Organisasi hanya dapat berkembang jika para anggota yang berada di dalamnya memiliki keinginanan dan kemampuan untuk terus belajar. Dengan disiplin penguasaan pribadi berarti individu di dalam organisasi terus memfokuskan diri untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitas diri dengan belajar dan memfokuskan energi untuk terus menerus memperdalam visi pribadi. Dalam bukunya Stepphen Robbins & Timothy A. Judge (2008) kekuasaan karena keahlian adalah pengaruh yang diperoleh dari keahlian, keterampilan khusus, atau pengetahuan. Diceritakan dalam film ini yaitu ketangguhan Thomas Vivien dalam menghadapi masalah. Namun hal itu tidak mempengaruhi keterampilannya untuk menjadi seorang ahli dalam kedokteran. Selain itu dia juga memiliki keterampilan untuk membuat peralatan medis yang baru dengan memanfaatkan benda yang ada di sekitarnya. Vivien juga mempunyai tekad dan semangat untuk belajar tentang apa yang disukainya walaupunn ia tak sanggup untuk masuk ke universitas kedokteran.

  • Mental Model / Model Mental

Mental model merupakan suatu disiplin yang menggambarkan proses penilaian pribadi berdasarkan asumsi dan generaliasai yang ditangkap yang dapat mempungaruhi individu dalam melakukan sebuah tindakan dan pengambilan keputusan. Disiplin mental model ini melatih individu untuk dapat mengkomunikasikan pemikiran atau asumsi secara efektif sehingga dapat mempengaruhi orang lain. Dalam film tersebut terlihat nuansa rasisme yang terjadi di Amerika. Namun vivien tidak mempersoalkan tentang hal tersebut. Walaupun ia dari kulit hitam dia tidak segan untuk terus belajar dan melatih kemampuannya. Walaupun dia bekerja sebagai asisten lab yang tidak jelas arahnya, ia tetap berkontribusi sepenuh hati untuk melakoni pekerjaan tersebut.

  • Shared Vision / Membagi visi

Disiplin ini menggambarkan begitu besar dan pentingnya peranan seorang pemimpin sebagai penentu arah organisai. Membagi tujuan orgnisasi dengan cara mengkomunikasikannya kepada seluruh anggota organisasi yang ada di dalamnya adalah tugas penting pemimpin. Karena dengan mengkomunikasikan visi organisasi, pemimpin sudah menumbuhkan kesadaran jangka panjang para anggota organisasi untuk terus maju dan berkembang. Visi team dari film ini adalah menyembuhkan penyakit blue baby dengan dilakukan pembedahan yang sangat beresiko. Namun dokter Blalock dangan percaya diri mampu untuk melakukan operasi tersebut dengan teamnya. Sebelumnya hal itu dianggap terlalu gegabah untuk melakukan operasi. Namaun ia tetap myakinkan temannya untuk tetap melakukan operasi. Dalam satu visi namun berbeda peran maka team solid ini dapat berhasil melakukan operasi tersebut dengan diinstruksikan oleh dokter Blalock.

  • Team Learning / Pembelajaran Kelompok

Peter Senge (1995)  menyebutkan bahwa, bukan hanya menciptakan hasil yang baik untuk organisasi, tetapi anggota dengan bersama-sama dapat lebih cepat menyerap informasi dan tumbuh lebih cepat dari pada melakukan proses pembelajaran secara pribadi atau perseorangan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dr. Blalock dan Vivien menghasilkan suatu produk kreativitas dan temuan baru dalam dunia pembedahan. Dari hal kecil tersebut individu-individu dapat belajar mengenai cara yang dilakukan agar tindakan yang baik dan tepat dalam melakukan operasi pembedahan.

  • System Thinking / Berfikir Sistem

Berfikir sistem merupakan landasan terpenting yang dapat mengintegerasikan setiap individu, kegiatan, serta disiplin yang ada di dalam organisasi. Karena tanpa mengaplikasikan berfikir sistem, individu di dalam organisasi hanya melihat segala sesuatu yang ada secara parsial tanpa melihat dengan cara keseluruhan. Sehingga individu tidak dapat melihat sebuah organisasi sebagai sebuah proses yang dinamis. DAlam film ini kedisiplinan, mental yang kuat, komitmen, pantang menyerah serta keberanian mengambil keputusan merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan untuk mencapai keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan.

 

4. Momen Paling Mendebarkan

Momen paling mendebarkan adalah ketika sedang dilakukan operasi terhadap bayi yang mengalami bayi biru. Ketika itu saat sedang operasi sempat darah menyembur mengenai kacamata dokter Blalock. Dan juga tensi perlahan menurun secara bertahap. Ada perasaan tegang apakah operasi yang dilakukan itu berhasil. Namun pada akhirnya operasi tersebut berhasil dengan kerjasasama tim. Dan bayi yang mengalami blue baby akhirnya pulih.

 

5. Pelajaran yang dapat diambil dari film Something the Lord Made

Banyak pelajaran yang dapat diambil dari film Something the Lord Made. Berikut adalah beberapa pelajaran yang dapat diambil.

  • Semangat dan kerja keras akan membuahkan hasil yang maksimal
  • Kerjasama tim yang solid akan membuahkan hasil yang tidak dapat dikerjakan oleh individu
  • Jangan egois terlalu egois dalam bertindak
  • Jika kita bersabar dan ikhlas apa yang kita kerjakan maka aka nada balasan yang setimpal
  • Mencintai apa yang kita kerjakan adalah salah satu modal kesuksesan untuk mengembangkan keilmuan kita
  • Dalam kondisi yang tersulit pun maka tetap ada solusi yang didapat
  • Berani mengambil resiko adalah jalan untuk mencapai kesuksesan yang besar

 

6. Yang dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga dan tempat kerja

Hal-hal yang dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga adalah pembagian tugas antara istri dan suami. Keduanya memiliki peran masing-masing yang sangat penting. Suami bertugas mencari nafkah dan istri bertugas mengurus rumah tangga seperti mengasuh anak dan memasak. Sedangkan di tempat bekerja adalah peran dari masing masing jabatan yang saling menggantungkan. Semisal dalam sebuah perusahaan software akan membuat aplikasi system informasi Rumah Sakit. Dalam pengembangan system informasi tersebut terdapat pembagian tugas. Ada yang menjadi software analyst, programmer, dan software tester. Dengan peran dan tugas masing-masing maka akan terciptalah produnk sotware system informasi yang dikembangkan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *