Press "Enter" to skip to content

TIPS MUDAH BELAJAR PEMROGRAMAN UNTUK PEMULA

avidwijaya 0

Banyak orang mengatakan pemrograman itu sulit, bikin pusing, bikin puyeng atau yang lainnya. Padahal kalo dipelajari pemrograman itu sangat mudah sekali. Maka tak heran jika yang bukan kuliah di basicnya IT bisa menjadi programmer. Banyak orang yang mempelajari pemrograman itu secara autodidac. Selain itu faktor passion juga menentukan dalam mempelajari pemrograman. Namun jika itu bukan passion anda jangan patah semangat jika anda masuk ke jurusan yang berbau IT dan anda merasa salah jurusan. Karena pemrograman dasar itu so simple dan sangat mudah dipelajari. Berikut saya berikan tips mudah untuk belajar pemrograman bagi pemula:

  1. Bagi pemula pasti berpikiran belajar pemrograman itu sulit padahal yang sulit itu jika tidak mau mencoba dan mengikuti proses dari awal
  1. Ikuti alurnya saja jangan merasa pemrograman itu sulit, ubah mindset bahwa pemrograman dasar itu sangat mudah (karena yang lebih sulit itu pemrograman intermediate hehe…)
  1. Karena sangat dasar siapapun bisa mengikuti asal mau melihat dan praktek langsung (jangan hanya membaca karena belajar adalah melihat dan mempraktekan secara langsung)
  1. Prinsipnya semakin banyak anda menemui kesalahan dalam pemrograman, maka semakin anda menguasai pemrograman tersebut. (So jangan takut salah)
  1. Untuk pemula banget tidak perlu menghafalkan coding atau syntax. Cukup copy paste saja bagian coding mana yang menjalankan fungsi tertentu. Maka perlu buat catatan khusus (misal: code perintah untuk menampilkan table, code perintah untuk insert, code perintah untuk update, code perintah untuk delete)
  1. Yang terakhir tips paling ampuh ialah praktek secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *