Press "Enter" to skip to content

LEARNING FROM “IRON JAWED ANGELS”

avidwijaya 0

1. Tokoh-tokoh, dan Leader dari film Iron Jawed Angels

Iron Jawed Angels adlaha  adalah sebuah film biografi yang menceritakan kisah sekumpulan wanita yang memperjuangkan hak pilih kaum wanita di amerika. Adapun tokoh-tokoh dari film tersebut diantaranya adalah:

  1. Alice Paul
  2. Lucy Burns
  3. Emily Leighton
  4. Doris Stevens
  5. Dr. Anna Howard Shaw
  6. Ruza Wenclawska
  7. Mabel Vernon
  8. Ben Weissman
  9. Inez Milholland
  10. Ida Wells-Barnett
  11. Carrie Chapman
  12. Harriot Eaton Stanton Blatch
  13. Woodrow Wilson
  14. Senator Thomas “Tom” Leighton
  15. Ben Weissman’s child

Kemudian dari tokoh-tokoh tersebut yang bisa dikatakan sebagai tokoh leader adalah Alice Paul, Lucy Burns dan Emily Leighton. Alice Paul dengan semangatnya yang berkobar bersikeras memperjuangkan hak-hak wanita. Ia memiliki personal mastery yang sangat kuat. Terbukti ia merupakan lulusan Harvard University. Dia juga pintar untuk melakukan negosiasi terhadap orng lain. Lucy Burn juga dapat dikatakan sebagai leader Karena ia juga berdedikasi sama dengan Alice Paul. Di juga meriupakan lulusan Harvard University. Emily Leighton soorang istri dari senator. Dia juga merasa memiliki hak dan setuju akan pemikiran Alice Paul. Dia juga memulai untuk berusaha ikut mengkampanyekan hak pilih dari kaum wanita.

Falasafah leadership yang dapat diambil dalam film tersebut adalah kepemimpinan merupakan perjuangan untuk memulai gagasan baru demi kepentingan bersama dan mencapai tujuannya.

 

2. Tokoh bisa Berkembang

Dalam film tersebut personal mastery dari tokoh wanita yang memperjuangkan hak pilih sangat tajam sekali. Hal ini terbukti dari usaha yang dilakukan Alice paul dan kawan-kawannya dari ia berusaha mengkampanyekan hak suara terhadap wanita hingga akhirnya dia dipenjara. Di penjara pun para tokoh wanita yang memperjuangkan haknya diperlakukan tidak manusiawi. Dari mulai makanan yang tak layak hingga tempat tidur yang tak nyaman. Di tempat tersebut dalam keadaan terhimpit Alice Paul dan para pejuang wanita lainnya melakukan aksi-aksi yang menentang kebijakan pemerintah. Dari mulai aksi mogok makan hingga akhirnya aksi tersebut diikuti oleh para wanita lain. Hal ini membuat penjaga polisi gerah dan beberapa wanita dipaksa makan dengan cara tidak manusiawi. Hal ini menyebar hingga ke media massa. Presiden pun akhirnya mendengar kejadian tersebut dan akhirnya menyuruh tim khusus untuk menyelidikinya. Hingga akhirnya Alice paul dan para pejuang wanita lain akhirnya dibebaskan.

3. Cara menshare visi dan teamwork

Banyak cara yang dilakukan Alice paul dan Kawannya untuk memperjuangkan emansipasio wanita. Yaitu dengan melakukan share vision atau membangun visi bersama dan learn organization atau pembelajaran team. Share vision yang dilakukan tokoh dalam film ini yaitu dengan melakukan aksi kampanye dijalan dengan menyebarkan selebaran atau pamflet. Selain itu para tokoh juga mendatangi langsung gedung kepresidenan untuk bertemu langsung dengan presiden dan para senator. Dan juga melakukan aksi demo di gedung kepresidenan. Para wanita dengan kompak bersam-sama mengkampanyekan emansipasi wanita.

4. Kepemimpinan diluar pakem yang ada

Alice paul dan temannya memliki gagasan tersendiri mengenai hak pilih yang ada di amerika. Menurutnya wanita juga berhak memiliki hak suara. Dia teman-temannya berusaha untuk merubah pola pikir yang tertanam pada kebijakan dan pola piker masyarakat di Amerika. Sehingga ia mulai mengkampanyekan terkait hak pilih wanita terhadap kongres yang akan berlangsung. Dia dan kawannya melakukan bnayak cara untuk mempromosikan gagasannya. Dari mulai menyebar pamflet, memposting artikel di media massa, berusaha untuk bernegosiasi dengan para petinggi negara dan senator serta demokrasi di depan gedung kepresidenan.

 

5. Contoh dari 5 disiplin dalam Film Iron Jawed Angels

  • Personal Mastery / Penguasaan Pribadi

Dalam film tersebut ketajaman personal mastery dari tokoh yang ada diperlihatkan.  Dalam bukunya Stepphen Robbins & Timothy A. Judge (2008) menyebutkan bahwa kekuasaan karena keahlian adalah pengaruh yang diperoleh dari keahlian, keterampilan khusus, atau pengetahuan. Alice Paul, Lucy Burns, dan Emily Leighton merupakan lulusan Harvard. Mereka adalah wanita yang sangat cerdas, pandai berkomunikasi, dan memiliki keahlian dalam berpolitik.

  • Mental Model / Model Mental

Menurut Jane Oakhil (2015) Sebuah model mental adalah representasi mental yang dibuat dari informasi yang nyata, atau membayangkan, dunia intisari representasi dari apa yang telah dibaca.. Mental model menyatukan antara pikiran dan gagasan untuk diwujudkan dalam suatu tindakan. Dalam film tersebut muncul mental model dari Alice Paul bahwa terdapat cita-cita yang diimpikan akan dicapai dengan usaha yang dia lakukan. Dia memiliki sikap yang berani dan menjadi pelopor dari pergerakan kaum wanita.

  • Shared Vision / Membagi visi

Shared vision adalah sesuatu yang didasarkan pada membangun rasa komitmen dalam suatu kelompok dengan mengembangkan gambar bersama tentang masa depan bahwa organisasi berusaha untuk membuat dan prinsip-prinsip dan membimbing praktek yang digunakan untuk sampai ke sana (Gary L. Harrelson, 2009). Membagi tujuan organisasi dengan cara mengkomunikasikannya kepada seluruh anggota organisasi yang ada di dalamnya adalah tugas penting pemimpin. Karena dengan mengkomunikasikan visi organisasi, pemimpin sudah menumbuhkan kesadaran jangka panjang para anggota organisasi untuk terus maju dan berkembang. Masing-masing tokoh pergerakan wanita yang ada di dalam tersebut berusaha untuk memperjuangkan emansipasi wanita. Dari mulai mengkampanyekan tentang emansipasi wanita hingga aksi demo yang dilakukan di gedung kepresidenan. Semua tokoh wanita yang terlibat membagikan visi untuk memperjuangkan emansipasi wanita. Hingga kelompok wanita tersebut mengalami resiko pencemoohan oleh warga dan dimasukkan ke penjara.

  • Team Learning / Pembelajaran Kelompok

Peter Senge (1995)  menyebutkan bahwa, bukan hanya menciptakan hasil yang baik untuk organisasi, tetapi anggota dengan bersama-sama dapat lebih cepat menyerap informasi dan tumbuh lebih cepat dari pada melakukan proses pembelajaran secara pribadi atau perseorangan. Dari permasalahan yang ada dalam film tersebut aksi demo tersebut mengajarkan kepada para wanita lain untuk terus berjuang. Kemudian di dalam penjara tersebut terjadi interaksi yang membangun semangat para wanita terkait dengan emansipasi wanita. Adanya perilaku yang semena-mena maka terjadi complain oleh para penghuni penjara. Yang menjadi penggerak adalah Alice Paul kemudian caranya untuk mogok makan diikuti oleh teman-temannya sebagai bentuk protes.

  • System Thinking / Berfikir Sistem

Berfikir sistem merupakan landasan terpenting yang dapat mengintegerasikan setiap individu, kegiatan, serta disiplin yang ada di dalam organisasi. Karena tanpa mengaplikasikan berfikir sistem, individu di dalam organisasi hanya melihat segala sesuatu yang ada secara parsial tanpa melihat dengan cara keseluruhan. Tanpa perjuangan maka tidak ada keberhasilan hak suara para wanita dalam kongres di Amerika. Media juga mempengaruhi terjadinya opini masyarakat terhadap perjuangan yang dihadapi. Kemudian semua wanita kompak untuk memperjuangkan emansipasi wanita. Beruntung Presiden Amerika juga

 

6. Momen Paling Mendebarkan

Momen paling mendebarkan adalah saat Paul Alice dimasukkan ke dalam penjara. Disana ia melakukan orasinya dengan mogok makan. Kemudian dari tingkah laku Paul Alice, rekan-rekan wanita yang melakukan cara yang sama dengan mogok makan. Atas tindakan Paul alice yang mogok makan tersebut dan diikuti oleh temannya, lantas ia dibawa ke ruangan khusus. Di ruangan  tersebut ia dipaksa untuk menelan makanan cair yang berbentuk cair.

 

7. Pelajaran yang dapat diambil dari film Iron Jawed Angels

adalah beberapa pelajaran yang dapat diambil dari film Iron Jawed Angel:

  1. Semangat, kerja keras, dan pengorbanan akan membuahkan hasil yang maksimal
  2. Dalam mencapai suatu tujuan perlu untuk mendiskusikan kepada stake holder
  3. Jika tujuan dilakukan secara bersama, maka akan memudahkan untuk mendapatkannya
  4. Jika kita bersabar dan ikhlas apa yang kita kerjakan maka akan ada balasan yang setimpal
  5. Solusi itu ada walaupun kita berada dalam kondisi yang sangat sulit sekalipun.
  6. Kunci untuk mencapai kesuksesan yang besar adalah berani mengambil resiko

8.  Yang dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga dan tempat kerja

Hal-hal yang dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga dan tempat kerja adalah sifat perjuangan yang tidak mudah menyerah. Jika di lingkungan keluarga jika kita mempunyai visi dan tujuan maka tujuan tersebut harus kita sampaikan kepada keluarga kita. Barangkalai di lingkungan keluarga tersebut dapat membantu dan mendukung atas tujuan kita tersebut. Sedangkan jika di lingkungan tempat kerja jika kita mempunyai inovasi terkait program kerja atau ada kelemahan dan persoalan maka harus kita sampaikan agar dapat segera teratasi dan dapat diambil tindakan dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *