Press "Enter" to skip to content

LEARNING FROM “THE BLIND SIDE” MOVIES

avidwijaya 0
  1. Tokoh-tokoh, Leader, dan Falsafah leadership dari film The Blind Side

The Blind Side merupakan film yang menginspirasi dan menampilkan banyak kepemimpinan. Adapun tokoh-tokoh dari film tersebut diantaranya adalah:

  1. Leigh Anne Tuohy,
  2. Sean Tuohy,
  3. Michael “Big Mike” Oher,
  4. Miss Sue,
  5. Collins Tuohy,
  6. Sean “S.J.” Tuohy, Jr.,
  7. Cotton,
  8. Boswell,
  9. Denise Oher

Kemudian dari tokoh-tokoh tersebut terdapat beberapa tokoh leader dengan karakteristik masing-masing. Berikut adalah tokoh-tokoh yang dapat dikatakan leader dalam film tersebut tersebut.

  1. Michael “Big Mike” Oher

Michael adalah seorang yang pendiam dan bijaksana terbukti dari perilaku kesehariannya. Jiwa kepemimpinanya sangat tampak sekali. Ia peduli terhadap lingkungannya. Ia adalah tipe orang yang melindungi orang disekitarnya. Terbukti ketika ia bersama danan ibu angkatnya Leigh Anne ketika ia mengunjungi rumah ibu kandungnya ia menyarankan untuk tetap di mobil agar tetap aman. Kemudian ketika terjadi kecelakaan Michael menjadi pelindung bagi SJ sehingga tangannya terluka waktu dia menahan SJ dari benturan keras.

  1. SJ

SJ adalah seorang anak kecil yang aktif. Ia tidak segan untuk berteman dengan Michael. Bahkan SJ menganggap Michael sebagai kakaknya dan bangga terhadapnya. SJ juga mempunyai karakter kepemimpin yang ditampilkan dalam film tersebut. SJ  selalu menyemangati Michael untuk berlatih dan mengajari cara bermain Rugby. Yang menarik disini ketika SJ mengajari Michael bermain rugby dengan menggunakan peralatan bumbu dapur. Dia juga berbicara dan bernegosiasi terhadap pelatih ketika mereka datang untuk menemui Michael bagaikan seorang manager.

  1. Leigh Anne Tuohy adalah ibu angkat dari Michael. Karakter kepemimpinannya sangat kuat sekali ini ketika Leigh Anne mempunyai inisatif untuk memungut Michael dan menyediakan tempat tidur untuk Michael. Ia juga teguh pendirian ketika diejek oleh teman-temannya sewaktu sedang makan bersama. Selain itu waktu makan bersama temannya ia juga yang berinisiatif untuk membayar tagihan makan bersama temannya. Lalu dalam film ini, Michael tampaknya memiliki IQ rendah dan EQ, kecerdasan yang rata-rata orang akan menggunakan untuk mengukur kemampuan seseorang. Namun, Leigh Anne berhasil menemukan satu kekuatan yang Michael memiliki. Selain itu dia juga sangat bisa menerima kritikan.
  2. Miss Sue

Miss Sue adalah Tutor dari Michael. Miss sue mempunyai tujuan untuk memastikan bahwa Michael melewati ujian yang diberikan. Dan ia juga berusaha keras untuk megajar Michael untuk bisa.

  1. Sean Tuohy

Sean Tuohy adalah ayah angkat dari Michael. Karakter kepemimpinannya adalah tidak ikut campur. Dia juga memiliki sifat bijaksana. Dia tahu bahwa apa yang dilakukan Istrinya merupakan sesuatu yang diinginkannya. Dapat diambil poin dari sini bahwa kepercayaan itu harus dimiliki oleh setiap pemimpin. Kemudian ia juga merupakan sosok pendengar yang baik dan sangat menghargai saat istrinya bercerita kepadanya.

  1. Cotton

Cotton adalah pelatih Rugby timya Michael. Karakter kepemimimpinanya yaitu ia selalu mengarahkan timnya untuk berlatih Rugby. Kemudian ia sabar menghadapi Michael yang baru bergabung di tim rugbinya. Ia berpikir positif bahwa ada potensi yang dimiliki oleh Michael. Kemudian ketika pertandingan Rugby dia memulai protes membela Michael ketika kepalanya ditendang.

 

Dalam film ini juga terdapat filosofi kepemimpinan. Kepemimpinian merupakan bagaimana kita dapat mendukung seseorang agar terus maju dengan rasa cinta, kasih sayang dan motivasi. Kepemimpinan adalah keberanian seseorang untuk mengambil keputusan. Keberanian adalah hal yang sulit untuk dicari. Seseorang dapat memiliki keberanian berdasarkan ide bodoh atau kesalahan, tapi hal itu tidak harus selalu dipertanyakan kepada orang dewasa, atau pelatih atau guru, karena mereka yang membuat aturan.

 

  1. Mental Model dari tokoh Film Bind Slide

Mental Model dari tokoh film Blind Side adalah

  1. Sifat keberanian dari seorang Michael walaupun ia memiliki IQ dan EQ dibawah rata-rata. Dan dia dapat mengendalikan pikiran di masa lalu dan dapat menyaring kejadian dari masa lalu. Kejadian masa lalu yaitu terkait dengan masalah keluarganya.
  2. Sifat kepedulian, dukungan, dan rasa kasih sayang Leigh Anne kepada Michael berbuah hasil yang tidak sia-sia. Ia juga mengajarkan Michael bahwa saat bermain rugby ia merubah fakta dengan analogy bahwa timnya adalah satu keluarga dan harus ia lindungi.
  3. Saat Michael mengambil keputusan untuk masuk ke Mille Stone University sebenarnya ia ragu namun dari kejadian demi kejadian ia berfikir bahwa masuk ke Mille Stone university adalah hal yang tepat. Ia menyimpulkan bahwa karena kelurgalah ia masuk ke universitas tersebut.

 

  1. Contoh dari 5 disiplin dalam Film The Blind Side
  • Personal Mastery / Penguasaan Pribadi

Organisasi hanya dapat berkembang apabila para anggota yang berada di dalamnya memiliki keinginanan dan kemampuan untuk terus belajar. Dengan disiplin penguasaan pribadi berarti individu di dalam organisasi terus memfokuskan diri untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitas diri dengan belajar dan memfokuskan energi untuk terus menerus memperdalam visi pribadi. Dalam film tersebut diceritakan ketangguhan Michael walaupun ia mempunyai keterbatasan dalam IQ. Hal ini tidak membuat semangatnya patah untuk terus belajar demi meningkatkan nilai akademiknya.  Ia mempunyai visi untuk masuk ke universitas terkemuka.

  • Mental Model / Model Mental

Mental model merupakan suatu disiplin yang menggambarkan proses penilaian pribadi berdasarkan asumsi dan generaliasai yang ditangkap yang dapat mempungaruhi individu dalam melakukan sebuah tindakan dan pengambilan keputusan. Disiplin mental model ini melatih individu untuk dapat mengkomunikasikan pemikiran atau asumsi secara efektif sehingga dapat mempengaruhi orang lain. Contoh dari film tersebut adalah ketika Michael ditanya tentang pilihannya di Milestone University ia menjawab tegas karena keluarganya ia ingin sekolah di universitas tersebut. Jawaban tersebut didapat setelah ia tidak bersedia menjawab pertanyaan dari pesikiater yang menanyainya. Kemudian ia berpaling unuk menenangkan diri. Setelah beberapa hari kemudian ia sadar bahwa Milestone University adalah pilihan yang tepat baginya.

  • Shared Vision / Membagi visi

Disiplin ini menggambarkan begitu besar dan pentingnya peranan seorang pemimpin sebagai penentu arah organisai. Membagi tujuan orgnisasi dengan cara mengkomunikasikannya kepada seluruh anggota organisasi yang ada di dalamnya adalah tugas penting pemimpin. Karena dengan mengkomunikasikan visi organisasi, pemimpin sudah menumbuhkan kesadaran jangka panjang para anggota organisasi untuk terus maju dan berkembang. Hal ini juga dilakukan oleh pelatih cotton untuk memotivasi timnya. Ia juga mempunyai tujuan untuk memenangkan pertandingan. Harapannya juga tertuju kepada Michael sebagai banteng pertahanan timnya. Dengan kesabaranya melatih ia  sukses mendidik Michael karena dia juga melihat potensi yang dimiliki Michael.

  • Team Learning / Pembelajaran Kelompok

Peter Senge menyebutkan bahwa, bukan hanya menciptakan hasil yang baik untuk organisasi, tetapi anggota dengan bersama-sama dapat lebih cepat menyerap informasi dan tumbuh lebih cepat dari pada melakukan proses pembelajaran secara pribadi atau perseorangan. Lalu dalam film Blind side tersebut tokoh Leigh Anne selalu mendukung kegiatan belajar Michael dari mulai fasilitas, dukungan mental dan kasih sayang juga ditekankan. Dari situ anak dan suami dari Leigh Anne juga saling memahami arti dari semua itu.

  • System Thinking / Berfikir Sistem

Berfikir sistem merupakan landasan terpenting yang dapat mengintegerasikan setiap individu, kegiatan, serta disiplin yang ada di dalam organisasi. Karena tanpa mengaplikasikan berfikir sistem, individu di dalam organisasi hanya melihat segala sesuatu yang ada secara parsial tanpa melihat dengan cara keseluruhan. Sehingga individu tidak dapat melihat sebuah organisasi sebagai sebuah proses yang dinamis. Hal ini juga dilakukan oleh keluarga Sean Tuohy dengan adanya kolaborasi antara peran satu dengan peran lainnya dalam satu keluarga yang harmonis. Adanya kasih sayang diantara keluarga tersebut menciptakan sebuah dimensi kebahagiaan antar satu dengan yang lainnya.

 

  1. Momen Paling Mendebarkan

Momen paling mendebarkan adalah ketika SJ dan Michael keluar mengendarai mobil dan tiba-tiba terjadi kecelakaan. Dan ketika melihat rasa bersalah dari Michael yang duduk penuh kasihan. Dan juga ketika melihat SJ dirawat namun lukanya tidak parah dan ia tetap ceria. Selain itu tak disangka Michael juga melindungi SJ dari kecelakaan tersebut dengan menggunakan tangannya untuk menahan benturan tersebut sampai tangannya terluka.

 

  1. Pelajaran yang dapat diambil dari film The Blind Side
  • Ketika pendekatan satu tidak berhasil maka perlu dicoba dengan pendekatan lainnya.
  • Hasil usaha dan kerja keras akan membuahkan hasil yang diinginkan.
  • Kita harus melihat orang dari sisi dalamnya juga, jangan hanya sisi luarnya karena potensi itu lahir dari sisi dalam manusia.
  • Kita tidak boleh membedakan satu dangan lainnya dalam hal kebaikan.
  • Keberanian adalah sesuatu hal yang penting.
  • Rasa kepedulian, kasih sayang, dan dukungan merupakan salah satu cara untuk mencapai keberhasilan.
  • Bakat harus dikembangakan sesuai dangan passion seseorang.
  • Ketika orang-orang menerima cinta, dukungan, dan dorongan, ketika kebutuhan psikologis dan emosional mereka terpenuhi, mereka cenderung merasa aman dan merasa dihargai, dan kinerjnya akan maksimal.
  • Darimana seseorang berasal tidak menentukan akan menjadi apa seseorang tersebut”. Masa depan dan kesuksesan seseorang tidak ditentukan dari kasta, ras, atau daerah asalnya, melainkan kerja keras, usaha, kegigihan dan keberanian.

 

  1. Yang dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga dan tempat kerja.

Hal-hal yang dapat diterapkan dalam linkungan keluarga atau tempat bekerja adalah sifat dari saling mencintai, saling mendukung satu sama lain dan juga kepercayaan yang kita berikan kepada orang lain. Kedermawanan perlu kita tingkatkan demi untuk membantu sesama yang mungkin sangat dibutuhkan oleh sebagian orang. Selain itu jika kita dalam keluarga tidak boleh membedakan anak kita. Kita harus adil dalam setiap tindakan yang kita berikan terhadap anak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *